Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SMA Melalui Cooperatif Script pada Mata Pelajaran Agama Islam

Authors

  • Kanudin Kanudin SMAN 1 Indramayu

DOI:

https://doi.org/10.31943/pedagogia.v3i2.99

Keywords:

Munakahat, Kuantitatif, Prestasi Belajar, Cooperatif Script

Abstract

Pendidikan Agama Islam (PAI) merupakan salah satu mata pelajaran yang perlu diperlajari oleh siswa. Salah satu materi yang perlu dipelajari yaitu tentang Munakahat. Berdasarkan pengalaman mengajar penulis lebih dari 10 tahun mengajar, munakahat merupakan materi yang cukup sulit dipahami oleh siswa. Peneliti melakukan pelenirian tindakan kelas (PTK) selama 3 pertemuan. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan prestasi siswa, aktivitas siswa, dan keterampilan siswa pada mata pelajaran PAI khususnya materi munakahat. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Data diambil berdasarkan hasil postes siswa selama pembelajaran. Analisis data menggunakan excel untuk membandingkan perkembangan hasil prestasi siswa. Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan prestasi siswa. Tidak hanya prestasi siswa, aktivitas belajar dan keterampilan kooperatif siswa juga berkembang pada saat pembelajaran menggunakan metode cooperatif script.

References

Ali, I. (2021). Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Dalam Pengajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Mubtadiin, 7(1), 247-264.

Fadilah, N. (2017). Peningkatan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Penerapan Card Sort Learning. Nadwa | Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 157-176.

Handayani, M., Imran., Ramadhan, I., Okianna., Alhidayah, R. (2022). Analisis Peran Guru dalam Proses Pembelajaran pada Siswa Kelas III di MI Syuhada Kabupaten Kapuas Hulu. Jurnal Kewarganegaraan, 6(3), 5173 - 5177.

Himmawan, D., & Ibnu Rusydi. (2021). Pelaksanaan Metode Active Learning dalam Pembelajaran bahasa arab di MTs Al-Ghozali Jatibarang Kabupaten Indramayu. Journal Islamic Pedagogia, 1(2), 31–39. https://doi.org/10.31943/pedagogia.v1i2.39

Irwanto,I., Wasitohadi, W., Rahayu., T.S.(2019). Penerapan Pendekatan Scientific dengan Menggunakan Media Konkret untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 SD. Jartika: Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan, 2(1), 280-288.

Juhji, J. (2016). Peran Urgen Guru Dalam Pendidikan. STUDIA DIDAKTIKA, 10(1), 52-62.

Kemmis, S. & Mc. Taggart, R. (1988). The Action Research Planner. Victoria: Deakin University Press.

Nurharli, Ariyanti., Junaidi, J. (2022). Pengaruh Peran Guru Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Sosiologi Kelas XI IPS di SMAN 1Padang Gelugur Pasaman. Naradidik: Journal of Education&Pedagogy, 1(3), 291-298.

Purwanto, M. Ngalin. 2007. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rosdia, R., Rahman, N., dan Gagaramusu, Y. (2016). Meningkatkan Kemampuan Siswa Mengelompokan Hewan Berdasarkan Makanannya Melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe STAD di Kelas IV SD Negeri 2 Wombo Jurnal Kreatif Tadulako,4(8), 118-134

Sardiman, S. (2009).Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pres.

Wibawa, B. (2003). Penelitian Tidakan Kelas. Jakarta : Depdiknas.

Zuriah, N. (2003). Penelitian tindakan dalam bidang pendidikan dan sosial. Malang : Bayu Media

Downloads

Published

2023-08-14

How to Cite

Kanudin, K. (2023). Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SMA Melalui Cooperatif Script pada Mata Pelajaran Agama Islam. Journal Islamic Pedagogia, 3(2), 147–164. https://doi.org/10.31943/pedagogia.v3i2.99