Strategi Komunikasi Sosial Rasulullah (Studi Analisis Q.S. Al-Baqarah : 83 dalam Membangun Legitimasi Dakwah
DOI:
https://doi.org/10.31943/pedagogia.v3i2.97Keywords:
Komunikasi Sosial Rasulullah, Q.S. Al-Baqarah ayat 83, Legitimasi DakwahAbstract
Umat Islam memandang Al-Qur'an sebagai sumber inspirasi dalam segala bidang kehidupan dan Rasulullah SAW sebagai panutan. Dalam Q.S. Al-Baqarah ayat 83, khususnya sebagai upaya menanamkan dan memelihara perilaku positif agar akal, sikap, dan kepribadian tetap terjaga sesuai dengan ajaran Islam, khususnya sebagai upaya membentuk perilaku manusia yang sesuai dengan anjuran Nabi. Selain itu, tujuan tulisan ini adalah untuk membekali para da’i yang ingin menegakkan legitimasi dakwah dengan wawasan pola komunikasi Nabi sebagaimana dijelaskan dalam Q.S. Al-Baqarah ayat 83. Ada sebagian da'i yang kurang memperhatikan akhlak ketika berhubungan dengan keluarga, sahabat, tetangga, dan lain-lain karena akhlak begitu penting saat ini. Tujuan dari ini makalah ini adalah untuk menentukan strategi komunikasi terhadap nilai-nilai akhlak Nabi. Arti penting surat Q.S al-Baqarah ayat 83 dalam menegakkan legitimasi dakwah di masyarakat.Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa Alquran memuat teknik komunikasi sosial dan prinsip-prinsip moral Nabi Muhammad. Ayat 83 Q.S. Al-Baqarah memiliki makna religius; sholat, tauhid, dan pentingnya tanggung jawab; hormat dan bakti kepada orang tua dan pentingnya bakti sosial; beramal kepada kerabat, anak yatim, dhuafa, dan fakir miskin; bersikap baik kepada semua orang dan menekankan pentingnya disiplin; mendirikan salat tentu menjadi pedoman bagi para da'i dalam membangun legitimasi dakwahnya, sehingga penerima pesan dakwah melihat da'i sebagai objek nyata pelaksanaan dakwah dan pesan dakwah dapat diterima dengan hati.
References
Abdul Aziz Jum’ah Amin. (1997). Fiqih Dakwah, Solo: Era Intermedia.
Imam Abul Fida Isma’il, Tafsir Ibnu Katsir, Vol. II
Suhandang Kustandi. Strategi Dakwah (2014). Bandung : PT Remaja Rosdakarya
M.M. Dr. H. Abd Rasyid M., S. Ag., M. Pd., M. Si. Perubahan Sosial Dan Strategi Komunikasi (Efektifitas Dakwah Dalam Pembangunan Sosial). (2018). Ponorogo : Wade Publish
Quthb Sayyid, (2001). Tafsir fi Dhilalil Qur’an. Vol. XII, Jakarta: Gema Insani Press
Abul Fida Isma’il. (2005). Tafsir Ibnu Katsir. Vol. XI, Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Mustafa al-Maraghi Ahmad. (1992). Terjemah Tafsir al-Maraghi, Vol. IV, Semarang: Toha Putra.
Shihab M. Quraish. (2002). Tafsir Al-Mishbah. Jakarta: Lentera Hati.
Al-andalus, Al-Quran dan Terjemahan Per ayat, Cordoba Internasional Indonesia
Sa‟id al-Qahthani. (2006). Menjadi Dai yang Sukses Jakarta : Qisthi Press.
Departemen Agama RI, Al Quran dan terjemahnya QS Ar Rahmaan ayat 1 – 4
Ismail A. Ilyas, Prio Hotman. (2011). Filsafat Dakwah Rekayasa Membangun Agama dan Peradaban Islam Jakarta : Kencana.
Zed Mestika, (2004) Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Bogor Indonesia
Abdul Rahman Sholeh, (2005). Pendidikan Agama Dan Pengembangn Untuk Bangsa. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sarjono Soekanto dan Sri Mamudji, (2006). Penelitian Hukum Normatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada,
Saifuddin Azwar, (2009). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar,
Dewi Sadiah, (2015). Metode Penelitian Dakwah Pendekatan Kualitatif Dan Kuantitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya,
Imam Gunawan, (2013). Metode Penelitian Kualitatatif Teori & Praktik. Jakarta: Bumi Aksara,
Taufik al-Wa`iy. (2010). Dakwah ke Jalan Allah, terj. Muhith M.ishaq, Jakarta: Robbani Press.
Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Ramlan, Surbakti (2007). Memahami Ilmu Politik . Jakarta: Grasindo.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra