Pendidikan Perempuan Menurut Murtadha Muthahhari
DOI:
https://doi.org/10.31943/pedagogia.v4i2.96Keywords:
Pendidikan, Perempuan, Murtadha MuthahhariAbstract
Pada masa pemerintahan india belanda sistem pendidikan di Indonesia memiliki tujuan untuk menjadikan warga negara mengabdi pada kepentingan penjajah. Dengan kata lain pendidikan bermaksud untuk mencetak tenaga-tenaga yang dijadikan alat untuk memperkuat pendudukan penjajah oleh karena itu isi pendidikanpun hanya sekedar pengetahuan dan kecakapan yang dapat membantu mempertahankan ekonomi politik dan penjajah pada masa itu pendidikan untuk kaum perempuan dirasa tidak perlu dan tidak memberikan manfaat karna meskipun bersekolah, anak perempuan pada akhirnya tidak pernah bekerja dan mereka hanya menjadi ibu rumah tangga yang hanya bertugas melayani suami, sehingga pendidikan dirasa sia-sia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pendidikan Perempuan Menurut Murtadha Muthahhari. Metode yang peneliti gunakan yaitu menggunakan teknik metode kualitatif adalah metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah. Kesimpulan bahwa setiap warga negara memiliki kesempatan seluas-luasnya untuk menjadi peserta didik baik laki-laki maupun perempuan melalui pendidikan sekolah ataupun pendidikan diluar sekolah. Dan diharapkan dapat belajar pada tahap mana saja dari kehidupan dalam mengembangkan dirinya sebagai manusia Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan mengetahui bagaimana konsep pendidikan dalam pandangan islam dan bagaimana Pendidikan Perempuan Menurut Murtadha Muthahari dalam islam. Adapun jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif analisis buku dari buku – buku karya Mutadha Muttahari Dan menunjukkan hasil islam memandang bahwa perempuan merupakan mahluk yang mulia dan memiliki keutamaan islam juga memberikan kebebasan terhadap perempuan dalam memperoleh pendidikan serta dalam pandangan murtadha muttahari mendukung penuh kebebasan perempuan untuk belajar berfikir dan memberikan pendapat.
References
Arikunto, S. (2013 ). prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. jakarta: cipta .
Engginer, A. A. (t.thn.). pembebeasan perempuan penerjemah. yogyakarta: LKIS.
Gunaryo, A. (2002). bias gender pemahaman islam. Yogyakarta : dama media.
Herawati, S. I. (2003). pendidikan yang berspektif gender pada jenjang sekolah dasar” dalam Sugiarti dkk. Pengembangan dalam perspektif gender . malang : UMM press.
Hermeneutika , f. J. (2003). anatra teks konteks dan kosektualitasi. yogyakarta : CV Qalam.
KEMENTRIAN AGAMA RI. (t.thn.). AL QUR'AN. Dipetik JUNI 2022, 8
mardalis . (1996). metode penelitian suatu pendekatan proposal. jakarta : bina aksara .
Maryam. (2021). pendidikan perempuan pandangan mutadha mutahari . Makasar: UIN Alaudin Makasar .
monib , m. (2011). islam dan hak asasi manusia dalam pandangan nurcholish majid . jakarta : gramedia pusaka utama .
mulia, m. (2011). Muslimah Seejati menempuh jalam islam meraih ilahi . bandung.
Mutahari, M. (2020). filsafat perempuan dalam islam . yogyakarta : rusyanfikr isntitute .
Mutmainah . (t.thn.). Tinjauan pendidikan islam tentang perempuan. Makasar: UIN Alaudin makasar.
Neolaka , A. (2017). Landasan Pendidikan dasar pengenalan diri sendiri menuju perubahan hidup . Depok: PT Kharisma Putra Utama .
Rusydi, M. (2012). Gender Discourse dalam prespektif islam . Makasar: UIN Alaudin Makasar.
Shihab, M. (2005). Perempuan. jakarta: Lentera hati.
Shihab, M. (2006). Wawasan Al-Qur'an. Bandung: Lentera Hati.
Shihab, M. (2007). Pengantin Al-Qur'an . Jakarta : Lentera hati .
Suhadjati, S. d. (2002). bias gender dalam pemahaman islam . yogyakarta : gema media.
Suparno, S. (2001). wanita dan pendidikan, kasus di Indonesia, dalam “wanita dalam masyarakatindonesia akses, pemberdayaan, dan kesempatn. yogyakarta: sunan kalijaga press.
Supriyatin, Y. (t.thn.). Nilai-nilai pendidikan islam bagi perempuan dalam novel perempuan karya adibah el-khaeleqy. yogyakarta: SKRIPSI UIN Sunan Kali jaga .
Uliniha , L. (2014). reorientasi teori kesetaraan laki-laki dan perempuan dalam pendidikan islam. yogyakarta : UIN sunan kalijaga.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra