Konsep Etika Belajar Menurut Syeikh Az-Zarnuji (Studi Analisis Kitab Ta’lim Muta’allim)

Authors

  • Syahrul Ramadhan Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Wiralodra Indramayu
  • Didik Himmawan Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra Indramayu
  • Ibnu Rusydi Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra Indramayu

DOI:

https://doi.org/10.31943/pedagogia.v3i2.92

Keywords:

Konsep Etika Belajar, Kitab Ta’lim Muta‟allim, Relevansi

Abstract

Pendidikan Islam adalah penataan individual dan sosial yang dapat menyebabkan seseorang tunduk taat pada islam dan menerapkannya secara sempurna didalam kehidupan individu dan masyarakat. Pendidikan adalah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau sekelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui pengajaran dan pelatihan yang didalamnya terdiri dari pendidik (Guru) dan Peserta didik (Murid). Guru adalah orang yang memberikan ilmu pengetahuan kepada anak didik. Murid adalah orang yang sedang mempelajari ilmu. Metodologi Pendidikan pada skripsi ini bertujuan untuk memperoleh informasi dan objektif mengenai Bagaimana konsep Pendidikan Islam menurut Az Zarnuji dalam kitab Ta‟lim Muta‟allim dan RelevansinyaPendidikan islam saat ini. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan atau studi Pustaka (Library Research). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian menggunakan pendekatan Studi kepustakaan (Library Research). Dengan pendekatan studi tokoh. Menggunakan teknik pengumpulan data berupa: (1) Mencari kitab Ta’lim Al Muta’allim karya Syekh Az Zarnuji. (2) Mencari terjemahan kitab Ta’lim Al Muta’allim (bimbingan bagi penuntut ilmu pengetahuan) yang diterjemahkan oleh Drs. H. Aliy As‟ad,  M.M  terbitan  menara   kudus.  (3)   Mencari   kitab-kitab   dan   buku-buku   yang berkaitan dengan penelitian. (4) Mencari buku-buku yang berkaitan dengan penelitian yang terdapat di aplikasi Ipusnas. (5) Mencari buku-buku yang berkaitan dengan penelitian di perpustakaan uin, perpustakaan daerah, perpustakaan pasca sarjana uin su dan toko-toko buku. (6) Kemudian bertanya kepada kawan yang berada di pekan baru tentang kitab yang penulis teliti. (7) Kemudian mempelajari dan memahami kajian yang terdapat dalam buku-buku yang menjadi sumber data sekunder. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa etika menuntut ilmu menurut Syekh Az  Zarnuji  dalam  kitab  Ta‟lim  Al  Muta‟allim  ialah:  Berniat  ketika  Belajar, Berdoa, Mengahadap Kiblat, Bersifat wara’ dalam belajar, Tawakkal, Sabar, Kasih sayang, Musyawarah, Memilih ilmu, Memilih Teman, Memilih guru, Menghargai ilmu, Menghormati guru, Memuliakan kitab,dan Menghormati  teman.

References

A. Mustofa, Akhlak Tasauf, cet. ke-1, (Bandung : Pustaka Setia, 2018).

Abdullah Idi dan Safarina Hd, Etika Pendidikan Keluarga, Sekolah dan Masyarakat, (Jakarta:Raja Grafindo Persada, 2015).

Ahmad Amin, Etika (Ilmu Akhlak), (Jakarta: Bulan Bintang, 2017).

Ahmad Amin, Etika (Ilmu Akhlak), (Jakarta: Bulan Bintang, 2017).

Diah Maulidiyah, Didik Himmawan, Ibnu Rusydi, & Ahmad Khotibul Umam. (2021). Peningkatan Nilai Spiritual Anak Melalui Mengaji Sore Di Desa Totoran Kecamatan Pasekan Kabupaten Indramayu. Journal Islamic Pedagogia, 1(2), 19–24. https://doi.org/10.31943/pedagogia.v1i2.37

Indah Kosmiyah, Belajar dan Pembelajaran, (Yogyakarta: Teras, 2012).

K. Bertens, Etika (Jakarta: PT Gramedia, 2017), 4.

Muhammad Syafi‟I, “Etika dalam Pandangan Al-Farabi”, Jurnal Ilmu Ushuluddin 16, no. 2, (2017).

Nizar, “Pemikiran Etika Ibnu Maskawaih”, Jurnal Aqlam (Journal of Islam and Plurality) 1, no. 1, (2016).

Oemar Hamalik, Proses Belajar Mengajar, (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2014).

Rahmat Djatnika, Sistem Ethika Islami (Akhlak Mulia), (Jakarta : Balai Pustaka, 2016).

Salihun A Nasir, Tinjauan Akhlak, (Surabaya : al-Ikhlas, 2013).

Supriadi. Etika dan Tanggung Jawab Profesi Hukum di Indonesia. (Jakarta: Sinar Grafika, 2012).

Downloads

Published

2023-06-16

How to Cite

Ramadhan, S. ., Himmawan, D. ., & Rusydi, I. . (2023). Konsep Etika Belajar Menurut Syeikh Az-Zarnuji (Studi Analisis Kitab Ta’lim Muta’allim). Journal Islamic Pedagogia, 3(2), 107–114. https://doi.org/10.31943/pedagogia.v3i2.92