Analisis Kesiapan Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar pada Mata Pelajaran SKI di MIN 4 Ponorogo

Authors

  • Nuril Fathiha Program Megister Pendidikan Agama Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Muh. Wasith Achadi Univeristas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31943/pedagogia.v3i1.89

Keywords:

Kurikulum Merdeka, SKI, Madrasah Ibtidaiyah

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk mengkaji kesiapan penerapan kurikulumm merdeka belajar pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Ponorogo. Terdapat empat fokus pembahasan dalam penelitian ini yakni kesiapan guru, dukungan sekolah, faktor pendukung dan penghambat, serta solusi dari probelem penerapan kurikulum merdeka. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Menggunakan pendekatan studi kasus. Subjek penelitiannya adalah guru Sejarah Kubudayaan Islam di MIN 4 Ponorogo. Hasil penelitian ini menunjukan sebagian besar guru merasa belum siap untuk mengiplementasikan kurikulum merdeka, begitupun dengan guru SKI yang ada MIN 4 Ponorogo. Kemuduian dukungan warga sekolah untuk implementasi kurikulum ini dirasa kurang. Walaupun disatu sisi para guru menyambut baik kehadiran Kurikulum Merdeka. faktor pendukung implementasi Kurikulum Merdeka di lapangan, yaitu (1) penganggaran yang jelas dari pemerintah daerah untuk mendukung implementasi Kurikulum Merdeka, (2) koordinasi yang baik dari pemerintah daerah baik kabupaten maupun provinsi dengan pemerintah pusat dalam pengadaan sarana pembelajaran dan pelatihan, perencaan yang baik, dan (3) ketersediaan sarana pembelajaran lainnya seperti LCD dan sambungan internet.

References

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980.

Ahid, N., Abdullah, A. A., & Muhtadin, M. A. (2022). Desain Kurikulum Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 12026–12036.

Amalia, R., Nurbayani, S., & Malihah, E. (2023). Inovasi Pendidikan Karakter dalam Mengatasi Learning Loss pada Masa Transisi Pandemi Covid-19. Jurnal Paedagogy, 10(1).

Anas, A., Ibad, A. Z., Anam, N. K., & Hariwahyuni, F. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Madrasah Ibtidaiyah (MI)(Studi Analisis Kebijakan KMA RI No. 347 Tahun 2022). Journal of Creative Student Research, 1(1), 99–116.

Anita, A., & Astuti, S. I. (2022). Digitalisasi Dan Ketimpangan Pendidikan: Studi Kasus Terhadap Guru Sekolah Dasar Di Kecamatan Baraka. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(1), 1–12.

Ariga, S. (2022). Implementasi kurikulum merdeka pasca pandemi covid-19. EDU SOCIETY: JURNAL PENDIDIKAN, ILMU SOSIAL DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 2(2), 662–670.

Direktotarat KSKK Madrasah, Direktorat Jenderal Pnedidikan Islam, & Kmetrian Agama RI. (2022). Panduan Iplementasi Kurikulum Merdeka Pada Madrasah. Kemetrian Agama RI.

Hanafiah, H., Sauri, R. S., Rahayu, Y. N., & Arifudin, O. (2022). Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru melalui Supervisi Klinis Kepala Sekolah. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(10), 4524–4529.

Luritawaty, I. P., Herman, T., & Prabawanto, S. (2022). Analisis Cara Berpikir Kritis Mahasiswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 191–202.

Mansir, F., & Alamin, M. (2022). Urgensi Penilaian Pembelajaran PAI sebagai Peningkatan Mutu Pendidikan Nasional. Journal on Teacher Education, 4(1), 156–168.

Muhafid, E. A., Andika, A., Hidayah, N., Mitsalina, E., & Azizah, R. N. (2023). PENGUATAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA MELALUI PELATIHAN TEKNIS PLATFORM MERDEKA MENGAJAR KOSP DAN MODUL AJAR PADA MAHASISWA ILMU PENDIDIKAN. Jurnal Pengabdian Mandiri, 2(2), 455–460.

Priantini, D. A. M. M. O., Suarni, N. K., & Adnyana, I. K. S. (2022). Analisis Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Belajar untuk Mewujudkan Pendidikan yang Berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu, 8(02), 238–244.

R. Masykur. (2019). Teori Dan Telaah Pengembangan Kurikulum. Aurs.

Rindawan, R., Supriadin, S., & Muhsan, M. (2023). Evaluasi Manajemen Pembelajaran Madrasah Aliyah Manhalul Ma’arif Darek Menggunakan Evaluasi Model CIPP. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(1).

Rohman, M., Lessy, Z., & Faizah, N. (2022). Problematika Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kurikulum KMA 183 Tahun 2019 Madrasah Ibtidaiyah. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 9(2), 191–204.

Santika, I. G. N., Suarni, N. K., & Lasmawan, I. W. (2022). Analisis Perubahan Kurikulum Ditinjau Dari Kurikulum Sebagai Suatu Ide. Jurnal Education and Development, 10(3), 694–700.

Setiawan, N., & Sofyan, H. (2022). Implementasi kurikukum merdeka belajar di SMK Pusat Keunggulan. Jurnal Taman Vokasi, 10(1), 31–37.

Sulistyani, F., & Mulyono, R. (2022). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA (IKM) SEBAGAI SEBUAH PILIHAN BAGI SATUAN PENDIDIKAN: KAJIAN PUSTAKA. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 1999–2019.

Tsania, F. Q. P., & Surawan, S. (2022). ANALISIS KESIAPAN DALAM MENERAPKAN KURIKULUM MERDEKA DI MADRASAH IBTIDAIYAH MANBAIL FUTUH JENU. Prosiding SNasPPM, 7(1), 513–517.

Wiguna, I. K. W., & Tristaningrat, M. A. N. (2022). Langkah Mempercepat Perkembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 17–26.

Zakiyah, N., & ACHADI, M. W. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Madrasah Piloting MIN 2 Bantul Yogyakarta. Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 7(2), 229–238.

Downloads

Published

2023-03-30

How to Cite

Fathiha, N. ., & Achadi, M. W. . (2023). Analisis Kesiapan Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar pada Mata Pelajaran SKI di MIN 4 Ponorogo. Journal Islamic Pedagogia, 3(1), 54–63. https://doi.org/10.31943/pedagogia.v3i1.89