Media Torso Maneken dalam Pembelajaran PAI Materi Perawatan Jenazah di Kelas XI SMK Dirgantara Putra Bangsa Yogyakarta

Authors

  • Fadhillah Izzatun Nisa Prodi Magister Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31943/pedagogia.v3i1.88

Keywords:

Pemanfaatan Media, Torso Maneken

Abstract

Keterampilan siswa dalam merawat jenazah di SMK Dirgantara Putra Bangsa Yogyakarta masih sangat kurang, sehingga dikhawatirkan belum menghasikan output siswa yang mampu menerapkan nilai-nilai Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media Torso maneken pada pembelajaran PAI materi perawatan jenazah di Kelas XI SMK Dirgantara Putra Bangsa Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan seorang guru PAI dan siswa kelas XI di SMK Dirgantara Putra Bangsa sebagai informan penelitian. Pada pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan pembelajaran PAI di kelas XI kurang aktif dan bergairah. Kemudian dilakukan beberapa variasi media diantaranya menggunakan media laptop, LCD, televisi, video pembelajaran, gambar, Torso maneken, dll., (2) Penggunaan media Torso maneken sudah cukup baik dan tujuan pembelajaran tercapai. Selain itu, siswa sangat terbantu dalam menerima materi perawatan jenazah. Kelebihan yang dimiliki media Torso maneken dapat menjawab beberapa kesulitan dan hambatan yang sering dialami, (3) Hasil dari penggunaan media Torso maneken terbukti dapat memberikan beberapa manfaat bagi siswa khususnya kelas XI. Adapun penggunaan media pembelajaran Torso maneken sudah memenuhi tiga kriteria yaitu: mampu mengatasi penjelasan yang terlalu verbalistis, terbatasnya ruang dan waktu, serta sikap pasif siswa.

References

Albi Anggito dan Johan Setiawan. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. CV Jejak.

Arianti, N., Wati, S., Sesmiarni, Z., & Kamal, M. (2023). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Anak Tunagrahita Tingkat SMPLB Di Sekolah Luar Biasa ( SLB ) Negeri 1 Bukittinggi.

Arsyika, N. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Perawatan Jenazah dengan Menggunakan Media Alat Peraga Kelas IX di Madrasah Tsanawiyah Al-Huda Dolok Sinumbah Kab. Simalungun Tahun Ajaran 2016/2017. UIN Sumatera Utara Medan.

Conny Semiawan. (2010). Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristik, dan Keunggulannya. PT Grasindo.

Darmiah, & Marvida, T. (2016). KECURANGAN AKADEMIK (ACADEMIC DISHONETY) PADA MAHASISWA FAKULAS TARBIYAH DAN KEGURUAN (FTK) UIN AR-RANIRY. PIONIR: Jurnal Pendidikan, 12(1), 1–23.

Dendaluhe, D. F. A., RORONG, A. J., & RARES, J. J. (2023). EFEKTIVITAS PROGRAM KELOMPOK USAHA BERSAMA MASYARAKAT DESA KAMANGA KECAMATAN TOMPASO KABUPATEN MINAHASA. Jurnal Administrasi Publik, 4(1), 88–100.

Febriansyah, A., Nofrianda, E., Setiawan, A., & Wahyudi, S. (2023). Media Pembelajaran Visme Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tingkat SMA. Jurnal MediaTIK : Jurnal Media Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, 1(1), 1–12.

Hayati, N. (2017). Penggunaan Alat Peraga Torso pada Materi Sistem Gerak Manusia terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas XI-MIA 4 SMA Negeri 1 Boyolangu Tahun Pelajaran 2016/2017. Eduproxima, 2(1).

Humaedi, & Hartono, R. (2021). Kebijakan Pendidikan Islam di Indonesia 1950-2013) Analitis Alokasi Waktu Pelajaran API pada Sekolah Umum. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(01), 317–333.

Isnaini, M., Wigati, I., & Oktari, R. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Torso terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Pencernaan pada Manusia di SMP Negeri 19 Palembang. Biota, 2(1).

Mahmudi. (2019). Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Islam Tinjauan Epistemologi, Isi, dan Materi. TA’DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 89.

Majid, A. (2010). Ilmu Pendidikan Islam. Kencana.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2014). Qualitative Data Analysis: a Methods Sourcebook.

Musmuliadi, A. B. dan N. (2017). Pembelajaran Efektif: Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik melalui Penggunaan Lembar Kerja Berbasis Penemuan Terbimbing. Jurnal Penelitian Pendidikan INSANI, 20(2), 73.

Nana Sudjana. (2014). Nana Sudjana, Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru.

Sanusi. (2015). Konsep Pembelajaran Fiqh Dalam Perspektif Kesehatan Reproduksi. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 10(2), 371.

Saprin. (2016). Optimalisasi Peran Guru dalam Peningkatan Kegiatan Belajar Peserta Didik di MTs Madani Alauddin Paopao Kabupaten Gowa. Inspiratif Pendidikan, 5(2).

Sugiyono. (2007). Penelitian Pendidikan: Metode dan Paradigma Baru. Alfabeta.

Suyanto Bagong. (2005). Metode Penelitian Sosial. Prenada Media Group.

Umar Hamalik. (1994). Media Pendidikan. PT Citra Aditya Bakti.

Zaenori. (2023). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA PERUSAHAAN NU BODYSHOP PAITON PROBOLINGGO. Jurnal keadaban, 4(2), 31–45.

Zainal Arifin. (2012). Penelitian Pendidikan: Metode dan Paradigma Baru. Remaja Rosdakarya.

Zainarti, Safitri, E., Hasibuan, M. H., & Lubis, Y. A. (2022). Analisis SWOT terhadap Strategi Pemasaran pada Usaha Dimsum (Studi Kasus Restoran Layar Dimsum, Percut Sei Tuan, Deli Serdang) SWOT Analysis of Marketing Strategy in Dim Sum Business (Case Study of Layar Dimsum Restaurant, Percut Sei Tuan, Deli Serdang). Jurnal Ilmu Kompuer, Ekonomi dan Manajemen, 2(2), 3673–3679.

Downloads

Published

2023-03-30

How to Cite

Nisa, F. I. . (2023). Media Torso Maneken dalam Pembelajaran PAI Materi Perawatan Jenazah di Kelas XI SMK Dirgantara Putra Bangsa Yogyakarta. Journal Islamic Pedagogia, 3(1), 64–74. https://doi.org/10.31943/pedagogia.v3i1.88