Pemanfaatan TIK/ICT (Information and Communication Tehnology) dalam Pengembangan Manajemen Pendidikan

Authors

  • Syaefulloh Syaefulloh Institut Agama Islam Sukabumi (IAIS)
  • Rahmat Purnama Institut Agama Islam Sukabumi (IAIS)

DOI:

https://doi.org/10.31943/pedagogia.v3i1.85

Keywords:

CT, ICT, Management Development

Abstract

Pesatnya perkembangan TI, khususnya internet, memungkinkan pengembangan layanan informasi yang lebih baik dalam suatu institusi pendidikan. Dilingkungan pertenaga pendidikan tinggi, pemanfaatan IT lainnya yaitu diwujudkan dalam suatu sistem yang disebut electronic university (e-University). Pengembangan e-University bertujuan untuk mendukung penyelenggaraan pendidikan, sehingga pertenaga pendidikan tinggi dapat menyediakan layanan informasi yang lebih baik kepada komunitasnya, baik didalam maupun diluar pertenaga pendidikan tinggi tersebut melalui internet. Layanan pendidikan lain yang bisa dilaksanakan melalui sarana internet yaitu dengan menyediakan materi kuliah secara online dan materi kuliah tersebut dapat diakses oleh siapa saja yang membutuhkan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif bekerja pada tataran analitik dan bersifat perspectif emic, yaitu mendapatkan data bukan dari persepsi peneliti, tetapi berdasarkan fakta-fakta konseptual maupun fakta teoritis.  Sumber data yang diperoleh dalam penelitian dari kepustakaan. Untuk mengkaji tema yang relevan penulis menggunakan teknik telaah dokumentasi atau dikenal juga dengan studi dokumentasi sebagai alat untuk mengumpulkan data. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis isi (content analysis). TIK/ICT sangat diperlukan dalam pembelajaran di era sekarang ini. Dengan prinsip penggunaan TIK/ICT yang efektif dan efisien,optimal,menarik, dan merangsang daya kreativitas, ICT menjadi salah satu media pembelajaran yang banyak digunakan di berbagai bidang pendidikan karena meningkatkan efektifitas dan efisiensi dalam proses pembelajaran. Pengguanaan TIK/ICT dalam pembelajaran anataran lain sebagai tutotial, eksplorasi, alat aplikasi, dan komunikasi. Penggunaan TIK/ICT di Indonesia ini sangat diperlukan untuk memajukan kualitas pendidikan yang ada di Indonesia serta menjadi pemicu bangsa Indonesia untuk lebih berkurang. Di Negara-negara maju penggunaan TIK/ICT juga belum bias merata sehingga masih bias diusahakan untuk Indonesia lebih memanfaatkan pembelajaran yang berbasis TIK/ICT ini.

References

Tian Belawati, (2003), Indonesia ICT Use in Education, UNESCO Meta-survey on the Use of Technologies in Education

Warsita, Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran, Jakarta: PT. Rineka Cipta

Nasution, S. 2005. Teknologi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara

Arsyad, Azhar. 2003. Media Pembelajaran, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

filekuliah548.blogspot.co.id/2016/11/pemanfaatan-ict.html

http://repository.upi.edu/7602/2/d_adp_0706976_chapter1.pdf

Downloads

Published

2023-06-02

How to Cite

Syaefulloh, S., & Purnama, R. (2023). Pemanfaatan TIK/ICT (Information and Communication Tehnology) dalam Pengembangan Manajemen Pendidikan. Journal Islamic Pedagogia, 3(1), 18–28. https://doi.org/10.31943/pedagogia.v3i1.85