Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural Menurut Jalaluddin Rumi

Authors

  • Mochammad Asep Nurrochmat Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Wiralodra
  • Affy Khoiriyah AMIK PURNAMA NIAGA Indramayu

DOI:

https://doi.org/10.31943/pedagogia.v2i2.82

Keywords:

Nilai-nilai, Pendidikan, Multikultural, Jalaluddin, Rumi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi Indonesia yang kaya akan latar belakang suku, agama, ras, adat istiadat, bahasa dan kebudayaan. Penelitian ini menggunakan stuti pustaka tentang nilai-nilai multicultural menurut Jalaludin Rummy. Hasil penelitian menunjukan bahwa fakta kemajemukan tersebut tentu menjadi aset yang sangat berharga bagi bangsa Indonesia Namun, ketika kemajemukan itu muncul ke permukaan dan mulai merusak tatanan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, justru menjadi masalah tersendiri yang harus segera diatasi dan dibenahi. Kekhawatiran akan timbulnya gesekan dan konflik di masyarakat Indonesia yang beragam tersebut tentu menjadi kehawatiran bersama. Potensi untuk terjadinya gesekan dan konflik antarkelompok, ras, agama dan suku bangsa juga cukup besar.

Downloads

Published

2022-09-14

How to Cite

Nurrochmat, M. A., & Khoiriyah, A. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural Menurut Jalaluddin Rumi. Journal Islamic Pedagogia, 2(2), 88–99. https://doi.org/10.31943/pedagogia.v2i2.82