Konsep Humanisme Religius Sebagai Paradigma Pendidikan Islam Menurut Abdurrahman Mas’ud dalam Konteks Pendidikan Modern

Authors

  • Isri Lailatussa’idah Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra
  • Kambali Kambali Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra
  • Rusydi Rusydi Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra

DOI:

https://doi.org/10.31943/pedagogia.v2i2.79

Keywords:

Humanisme Religius, Pendidikan Islam, Abdurrahman Mas’ud

Abstract

Pendidikan Islam adalah pendidikan menyeluruh, penuh keseimbangan materi dan spiritual untuk mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat. Pendidikan Islam dewasa ini cenderung mementingkan ‘ulumuddunya’ atau ‘ulumuddin’ saja. Namun secara realitas sering kali tujuan pendidikan tidak berjalan sebagaimana mestinya, terbukti dalam proses pendidikan masih diwarnai adanya kekerasan terhadap peserta didik, mengesampingkan potensi peserta didik, serta pendidikan terkonsentrasi pada urusan keduniawian saja serta sistem pendidikan yang belum mendekati fitrahnya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pustaka (library research) yaitu penelitian yang dilaksanakan dengan menggunakan literatur (kepustakaan) dari penelitian sebelumnya. Abdurrahman Mas’ud menawarkan humanisme religius dalam paradigma pendidikan Islam. kunci dari humanisme religius yakni konsep pendidikan yang memanusiakan manusia, juga mengembangkan kemampuan yang dimiliki, baik kemampuan intelektual ataupun religius tanpa meninggalkan nilai-nilai agama yang mendasarinya.

Downloads

Published

2022-09-14

How to Cite

Lailatussa’idah, I. ., Kambali, K., & Rusydi, R. (2022). Konsep Humanisme Religius Sebagai Paradigma Pendidikan Islam Menurut Abdurrahman Mas’ud dalam Konteks Pendidikan Modern . Journal Islamic Pedagogia, 2(2), 63–71. https://doi.org/10.31943/pedagogia.v2i2.79