Kesetaraan Gender dalam Pendidikan Islam (Studi atas Pemikiran Fatimah Mernissi)

Authors

  • Al Hidayati Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra
  • Ibnu Rusydi Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra
  • Suhendrik Suhendrik Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra

DOI:

https://doi.org/10.31943/pedagogia.v2i1.76

Keywords:

Pendidikan, Kesetaraan, Gender.

Abstract

Kesetaraan gender merupakan pandangan bahwa semua orang harus menerima perlakuan yang setara dan tidak diskriminasi yang mengacu pada hak, tanggung jawab dan kesempatan yang sama antara perempuan dan laki-laki. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis konsep dari kesetaraan gender dalam pendidikan Islam menurut Fatimah Mernissi. Hasil penelitian ini adalah Pendidikan merupakan kunci terbentuknya keadilan gender dalam masyarakat, kemampuan dan pengetahuan juga sebagai alat untuk mengkaji dan menyampaikan ide-ide baru. Pendidikan merupakan sebuah sarana strategis dalam melakukan perubahan khususnya pendidikan Islam

References

Alfian Rokhmansyah, sPengantar Gender dan Feminis,

(Yogyakarta:Garudhawacana,2016)

Mansoer Fakih, Analisis Gender dan Transformasi Sosial,

(Yogyakarta:Pustaka Pelajar, 2016)

Anisatul Muth’iah, Analisis Pemikiran Fatimah Mernissi Tentang Hadits-

Hadits Misoginis, dalam jurnal DIYA AL-AFKA, Vol 2, No 01 Juni

Fatimah Mernissi, Setara di Hadapan Allah, terj LSPPA, Yogyakarta:

Yyayasan Prakarsa LSPPA, 1995, 218

Fatimah Mernissi, Beyon the Veil seks dan Kekuasaan Dinamika Pria-Wanita

dalam Masyarakat Muslim Modern, Surabaya: ALFIKRI, 44

A’yun, Qurroti, Diana Eka Wati, Dwi Ratna Sari, Hanif Ma’rufa, and Faizah

Nur Khafidhloh. “Effectiveness of Using the Quizzz Application in

Islamic Religious Education.” International Journal of Science Education

and Cultural Studies 1, no. 1 (2022): 16–31.

Arifudin, Iis, and Ali Miftakhu Rosyad. “PENGEMBANGAN DAN

PEMBAHARUAN PERGURUAN TINGGI KEAGAMAAN ISLAM DI

INDONESIA: GAGASAN DAN IMPLEMENTASINYA.” Al-Afkar, Journal

For Islamic Studies 4, no. 2 (2021): 425–38.

Dirsa, Andika, Silvia Anggreni BP, Chanti Diananseri, and Ilham Setiawan.

“Teacher Role as Professional Educator in School Environment.”

International Journal of Science Education and Cultural Studies 1, no. 1

(2022): 32–41.

Hindardjo, Anton, and Mansuri Mansuri. “Pengaruh Dana Tabarru’dan

Klaim Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Asuransi PT. Prudential

Unit Syariah Periode 2011–2015.” Jurnal Asy-Syukriyyah 17, no. 1 (2016):

–103.

Hindardjo, Anton, Muhammad Fikri Pratama, and Juhary Ali. “Analysis of

the Influence of Competence and Work Culture on Employee

Performance with Moderation of Exit Intentions: A Case Study at Bank

Syariah Indonesia.” International Journal of Management Science and

Application 1, no. 1 (2022): 1–17.

Hindardjo, Anton, Asrul Sani, Rissa Hanny, Dewi Lestari, Syamsu Alang,

and P Nur Nawaningtyas. “Preliminary Assessment of E-Business

Adoption Models in Technology and Environmental Contexts Based on

the TAM Models.” In 2021 9th International Conference on Cyber and IT

Service Management (CITSM), 1–5. IEEE, 2021

Downloads

Published

2022-03-14

How to Cite

Hidayati, A. ., Rusydi, I. ., & Suhendrik, S. (2022). Kesetaraan Gender dalam Pendidikan Islam (Studi atas Pemikiran Fatimah Mernissi). Journal Islamic Pedagogia, 2(1), 39–45. https://doi.org/10.31943/pedagogia.v2i1.76