Metode Mind Mapping Untuk Mengatasi Kejenuhan Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di MTS Al-Ghozali Jatibarang Kabupaten Indramayu

Authors

  • Sella Selviana Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra
  • Didik Himmawan Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra Indramayu
  • Naelul Muna Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra Indramayu

DOI:

https://doi.org/10.31943/pedagogia.v2i1.72

Keywords:

Mind Mapping, Saturation

Abstract

Perilaku jenuh siswa saat proses pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam membuat pembelajaran tidak terserap maksimum. Penelitian ini bertujuan untuk dapat memahami cara pengaplikasian serta tingkat efektivitas Mind Map dalam mengatasi kejenuhan yang dialami siswa saat pembelajaran SKI di MTs Al-Ghozali, sehingga pembelajaran dapat terserap maksimal. Untuk memperoleh data yang lengkap, penelitian ini memakai metode kualitatif, dengan teknik observasi, dimana pengamatan secara langsung dengan teknik pengumpulan data berupa tulisan, dokumentasi, dan tabel. Hasil penelitian membuktikan bahwa sebagian besar siswa merasakan kejenuhan serta kebosanan saat proses pembelajaran SKI. Peneliti berupaya untuk mencoba salah satu metode Mind Mapping untuk melihat efek terhadap proses pembelajaran SKI. Setelah menggunakan metode Mind Mapping, siswa lebih antusias, aktif dan tidak jenuh seperti sebelumnya. Penggunaan metode Mind Mapping cukup tepat untuk mengatasi kejenuhan siswa dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Mind Mapping merupakan alternatif untuk menyelesaikan dan mengatasi masalah kejenuhan yang siswa alami dalam proses belajar SKI.

References

A’yun, Qurroti, Diana Eka Wati, Dwi Ratna Sari, Hanif Ma’rufa, and Faizah Nur

Khafidhloh. “Effectiveness of Using the Quizzz Application in Islamic Religious

Education.” International Journal of Science Educationand Cultural Studies 1, no. 1

(2022): 16–31.

Dirsa, Andika, Silvia Anggreni BP, Chanti Diananseri, and Ilham Setiawan. “Teacher Role

as Professional Educator in School Environment.” International Journal of Science

Education and Cultural Studies 1, no. 1(2022): 32–41.

Herlina, Ida. “PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN VCT PPKn DI

SEKOLAH LANJUTAN TINGKAT PERTAMA.” Universitas Pendidikan Indonesia,

Hindardjo, Anton, and Mansuri Mansuri. “Pengaruh Dana Tabarru’dan Klaim Terhadap

Profitabilitas Pada Perusahaan Asuransi PT. PrudentialUnit Syariah Periode 2011–

” Jurnal Asy-Syukriyyah 17, no. 1 (2016):

–103.

Hindardjo, Anton, Muhammad Fikri Pratama, and Juhary Ali. “Analysis of the Influence of

Competence and Work Culture on Employee Performance with Moderation of Exit

Intentions: A Case Study at BankSyariah Indonesia.” International Journal of

Management Science and Application 1, no. 1 (2022): 1–17.

Hindardjo, Anton, Asrul Sani, Rissa Hanny, Dewi Lestari, Syamsu Alang, and P Nur

Nawaningtyas. “Preliminary Assessment of E-Business Adoption Models in

Technology and Environmental Contexts Based onthe TAM Models.” In 2021 9th

International Conference on Cyber and ITService Management (CITSM), 1–5. IEEE,

Hindardjo, Anton, and Abdul Wajid. “Analisis Tingkat Religiusitas, Pendapatan &

Kepercayaan Terhadap Kesadaran Membayar Zakat DiKota Tangerang.” Jurnal

Asy-Syukriyyah 18, no. 1 (2017): 24–38.

Isroani, Farida, Noornajihan Jaafar, and Muflihaini Muflihaini. “Effectiveness of E-

Learning Learning to Improve Student LearningOutcomes at Madrasah Aliyah.”

International Journal of Science Education and Cultural Studies 1, no. 1 (2022): 42–

Rasimin, Rasimin, Muh Zuhri, Muhammad Hamsah, Nurchamidah Nurchamidah,

and Ali Miftakhu Rosyad. “Effectiveness of Multi- Matobe Integration in Social

Studies Learning to Enhance CriticalThinking Skills.” Journal of Innovation in

Educational and CulturalResearch 3, no. 4 (2022): 707–13.

Downloads

Published

2022-03-12

How to Cite

Selviana, S. ., Himmawan, D. ., & Muna, N. . (2022). Metode Mind Mapping Untuk Mengatasi Kejenuhan Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di MTS Al-Ghozali Jatibarang Kabupaten Indramayu. Journal Islamic Pedagogia, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.31943/pedagogia.v2i1.72