Metode Mind Mapping Untuk Mengatasi Kejenuhan Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di MTS Al-Ghozali Jatibarang Kabupaten Indramayu
DOI:
https://doi.org/10.31943/pedagogia.v2i1.72Keywords:
Mind Mapping, SaturationAbstract
Perilaku jenuh siswa saat proses pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam membuat pembelajaran tidak terserap maksimum. Penelitian ini bertujuan untuk dapat memahami cara pengaplikasian serta tingkat efektivitas Mind Map dalam mengatasi kejenuhan yang dialami siswa saat pembelajaran SKI di MTs Al-Ghozali, sehingga pembelajaran dapat terserap maksimal. Untuk memperoleh data yang lengkap, penelitian ini memakai metode kualitatif, dengan teknik observasi, dimana pengamatan secara langsung dengan teknik pengumpulan data berupa tulisan, dokumentasi, dan tabel. Hasil penelitian membuktikan bahwa sebagian besar siswa merasakan kejenuhan serta kebosanan saat proses pembelajaran SKI. Peneliti berupaya untuk mencoba salah satu metode Mind Mapping untuk melihat efek terhadap proses pembelajaran SKI. Setelah menggunakan metode Mind Mapping, siswa lebih antusias, aktif dan tidak jenuh seperti sebelumnya. Penggunaan metode Mind Mapping cukup tepat untuk mengatasi kejenuhan siswa dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Mind Mapping merupakan alternatif untuk menyelesaikan dan mengatasi masalah kejenuhan yang siswa alami dalam proses belajar SKI.
References
A’yun, Qurroti, Diana Eka Wati, Dwi Ratna Sari, Hanif Ma’rufa, and Faizah Nur
Khafidhloh. “Effectiveness of Using the Quizzz Application in Islamic Religious
Education.” International Journal of Science Educationand Cultural Studies 1, no. 1
(2022): 16–31.
Dirsa, Andika, Silvia Anggreni BP, Chanti Diananseri, and Ilham Setiawan. “Teacher Role
as Professional Educator in School Environment.” International Journal of Science
Education and Cultural Studies 1, no. 1(2022): 32–41.
Herlina, Ida. “PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN VCT PPKn DI
SEKOLAH LANJUTAN TINGKAT PERTAMA.” Universitas Pendidikan Indonesia,
Hindardjo, Anton, and Mansuri Mansuri. “Pengaruh Dana Tabarru’dan Klaim Terhadap
Profitabilitas Pada Perusahaan Asuransi PT. PrudentialUnit Syariah Periode 2011–
” Jurnal Asy-Syukriyyah 17, no. 1 (2016):
–103.
Hindardjo, Anton, Muhammad Fikri Pratama, and Juhary Ali. “Analysis of the Influence of
Competence and Work Culture on Employee Performance with Moderation of Exit
Intentions: A Case Study at BankSyariah Indonesia.” International Journal of
Management Science and Application 1, no. 1 (2022): 1–17.
Hindardjo, Anton, Asrul Sani, Rissa Hanny, Dewi Lestari, Syamsu Alang, and P Nur
Nawaningtyas. “Preliminary Assessment of E-Business Adoption Models in
Technology and Environmental Contexts Based onthe TAM Models.” In 2021 9th
International Conference on Cyber and ITService Management (CITSM), 1–5. IEEE,
Hindardjo, Anton, and Abdul Wajid. “Analisis Tingkat Religiusitas, Pendapatan &
Kepercayaan Terhadap Kesadaran Membayar Zakat DiKota Tangerang.” Jurnal
Asy-Syukriyyah 18, no. 1 (2017): 24–38.
Isroani, Farida, Noornajihan Jaafar, and Muflihaini Muflihaini. “Effectiveness of E-
Learning Learning to Improve Student LearningOutcomes at Madrasah Aliyah.”
International Journal of Science Education and Cultural Studies 1, no. 1 (2022): 42–
Rasimin, Rasimin, Muh Zuhri, Muhammad Hamsah, Nurchamidah Nurchamidah,
and Ali Miftakhu Rosyad. “Effectiveness of Multi- Matobe Integration in Social
Studies Learning to Enhance CriticalThinking Skills.” Journal of Innovation in
Educational and CulturalResearch 3, no. 4 (2022): 707–13.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra