Pelaksanaan Ekskul Kepenulisan Pembuatan Karya Ilmiah pada Kelas XII MA Al-Urwatul Wutsqo Kecamatan Sindang Kabupaten Indramayu

Authors

  • Didik Himmawan Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra Indramayu
  • Rinih Rinih Program Studi Bimbingan Konseling Pendidikan Islam Universitas Wiralodra

DOI:

https://doi.org/10.31943/pedagogia.v2i2.66

Keywords:

Ekskul kepenulisan, Karya Ilmiah, MA Al-Urwatul Wutsqo

Abstract

Karya ilmiah merupakan suatu bentuk karya tertulis yang memuat kajian berupa masalah tertentu sesuai kaidah keilmuan. Maka dari itu, sangat penting untuk mempelajari karya ilmiah bahkan bukan suatu hal yang mustahil dalam membuat karya ilmiah. Dari sinilah terbentuk kebijakan bahwa syarat kelulusan kelas XII ialah dengan membuat karya ilmiah. Oleh karena itu, ekskul kepenulisan menjadi wadah dalam memberikan pemahaman tentang karya ilmiah dan berperan aktif dalam membantu siswa-siswi kelas XII untuk menyelesaikan tugasnya dalam membuat karya ilmiah. Untuk melihat seberapa besar peran ekskul kepenulisan dalam membantu siswa-siswi dalam membuat karya ilmiah sebagai tugas akhir dari kelulusan. Cara atau Proses dalam mengumpulkan sumber data melalui metode penelitian kualitatif, dimana berupa wawancara, kuesioner, dan dokumentasi.  Melalui prosedur pengumpulan data baik dari hasil wawancara, kuesioner, maupun dokumentasi dihasilkan bahwa ada pengaruh positif dari ekskul kepenulisan kepada siswa-siswi MA Al-Urwatul Wutsqo dalam menyelesaikan tugas akhir pembuatan karya ilmiah pada kelas XII MA Al-Urwatul Wutsqo

References

Budiyanto, Dwi. Mengenal Karya Ilmiah. Universitas Negeri Yogyakarta.

Didik Himmawan, Evi Aeni Rufaedah, & Siti Carsinah. (2022). Pengaruh Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas Viii Smpn 2 Indramayu: Volume 3 No 2 Juli 2022. Counselia; Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, 3(2), 19–28. https://doi.org/10.31943/counselia.v3i2.42

Nirwana, dan Ruspa Rahim. Kemampuan Menulis Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Prodi Informatika Universitas CokroaminotoPalopo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa dan Sastra ISSN 2443-3667 Volume 6 Nomor 1

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualittatif dan R&d. Bandung. Alfabeta.

Suparno dan Muhammad Yunus. 2003. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: UnversitasTerbuka.

Tarigan, Hendry Guntur. 2013. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa.

Downloads

Published

2022-09-27

How to Cite

Himmawan, D. ., & Rinih, R. (2022). Pelaksanaan Ekskul Kepenulisan Pembuatan Karya Ilmiah pada Kelas XII MA Al-Urwatul Wutsqo Kecamatan Sindang Kabupaten Indramayu. Journal Islamic Pedagogia, 2(2), 106–111. https://doi.org/10.31943/pedagogia.v2i2.66