PELAKSANAAN METODE ACTIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTS AL-GHOZALI JATIBARANG KABUPATEN INDRAMAYU

Authors

  • Didik Himmawan Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra
  • Ibnu Rusydi Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra

DOI:

https://doi.org/10.31943/pedagogia.v1i2.39

Keywords:

Active Learning, Bahasa Arab, Pembelajaran

Abstract

Perlu adanya sebuah kesadaran baru yang oleh para guru, diantaranya adalah harus mengutamakan peran anak didik sebagai aktor, bukannya guru. Selama ini yang lebih ditonjolkan adalah guru. Sementara murid diposisikan sebagai objek dalam proses belajar mengajar. Proses pembelajaran bukan hanya guru yang dituntut aktif, tetapi siswa juga berperan penting dalam hal tersebut. Oleh karena itu, seorang guru harus mempunyai kemampuan dalam mengajar dan pembelajaran. Diantaranya adalah kemampuan menguasai metode-metode pembelajaran. Metode pembelajaran mempunyai andil yang besar dalam kegiatan belajar mengajar. Kemampuan yang diharapkan dapat dimiliki anak didik, akan ditentukan oleh kerelevansian penggunaan suatu metode yang sesuai dengan tujuan. Penelitian ini dapat digolongkan sebagai penelitian lapangan (field research), dan penelitian ini bersifat kualitatif, yaitu penelitian yang prosedurnya menghasilkan data deskriptif yang berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati, sampelnya menggunakan sampel total, adapun teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil analisis, dapat disampaikan kesimpulan terdapat perbedaan skor nilai Bahasa Arab pada siswa MTs Al-Ghozali Jatibarang yang signifikan pada siswa sesudah mengikuti pembelajaran Bahasa Arab dengan Active Learning. Terdapat perbedaan skor daya serap/pengetahuan Bahasa Arab yang signifikan pada siswa sesudah mengikuti pembelajaran Bahasa Arab dengan Active Learning.

Published

2021-09-29

How to Cite

Himmawan, D., & Ibnu Rusydi. (2021). PELAKSANAAN METODE ACTIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTS AL-GHOZALI JATIBARANG KABUPATEN INDRAMAYU. Journal Islamic Pedagogia, 1(2), 31–39. https://doi.org/10.31943/pedagogia.v1i2.39