Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Novel Ayana Journey To Islam Karya Ayana Moon
DOI:
https://doi.org/10.31943/pedagogia.v4i1.116Keywords:
Nilai, Novel, Pendidikan Agama IslamAbstract
Penelitian ini berjudul nilai-nilai Pendidikan agama islam dalam novel ayana nourney to islam karya ayana moon. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui isi novel ayana journey to islam dan nilai-nilai Pendidikan agama islam yang terdapat dalam novel ayana journey to islam. Metode penelitian yang digunakan yaitu library research atau penelitian kepustakaan, dimana untuk mencari data-data yang diperlukan dengan cara mencari dari berbagai sumber seperti buku, jurnal, skripsi terdahulu atau Pustaka-pustaka lainnya. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa isi novel ayana journey to islam adalah novel yang menceritakan tentang kisah perjalanan hijrah seorang mualaf korea yang memutuskan untuk memilih islam sebagai jalan hidupnya. Nilai Pendidikan agama islam yang terdapat dalam novel ayana journey to islam adalah ada 4 nilai yaitu: nilai Pendidikan tauhid (keimanan), nilai Pendidikan ibadah, nilai Pendidikan akhlak dan nilai Pendidikan sosial.
References
Ahmad Arif, Muhammad Nur Amin, & Eka Prasetiawati. (2023). Mahabbah Concept According to Abu Hamid Muhammad Al-Ghazali. Quality : Journal Of Education, Arabic And Islamic Studies, 1(2), 84–94. https://doi.org/10.58355/qwt.v1i2.28
Arief Budiman, Mozaik Sastra Indonesia Dimensi Sastra dari Berbagai Perspektif, Bandung: Nuansa, 2015
Ayana Moon, Ayana Journey To Islam, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2020
Citra Salda Yanti, Religiositas Islam Dalam Novel Ratu Yang Bersujud Karya Amrizal Mochamad Mahdavi, Jurnal Humanika No. 15, Vol. 3, Desember 2015.
Didik Himmawan, & Dewi Fitriani. (2023). Learning To Read And Write The Koran For Children In Sukasari Village, Arahan District, Indramayu Regency. Manajia: Journal of Education and Management, 1(2), 128–133. https://doi.org/10.58355/manajia.v1i2.17
Iko Rizqonah, Ibnudin, & Ahmad Syathori. (2023). Increasing Prayer Ability for Children in Cibeber Village, Sukagumiwang District, Indramayu Regency. Quality : Journal Of Education, Arabic And Islamic Studies, 1(2), 70–76. https://doi.org/10.58355/qwt.v1i2.15
Muh. Khoirul Rifa’I, 2016. Internalisasi Nilai-Nilai Religius Berbasis Multikultural dalam Membentuk Insan Kamil, Jurnal Pendidikan Agama Islam Volume 4 Nomor 1.
Khafiyah Muslihatun Nisa, Akhmad Mujani, & Abdul Aziz Romdhoni. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Meningkatkan Pemahaman Baca Al Quran Di Desa Gunungsari Kecamatan Sukagumiwang Kabupaten Indramayu. Diplomasi : Jurnal Demokrasi, Pemerintahan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 53–59. https://doi.org/10.58355/dpl.v1i1.11
Rustam Ependi, Nilai-Nilai Pendidikan Islam, Yogyakarta: CV Budi Utama, 2020
Syifa Nur Fadilah, Evi Aeni Rufaedah, & Muhammad Dimas Maulid. (2023). Dorongan Minimal Dan Interpretasi Dalam Konseling. Journal Of Psychology, Counseling And Education, 1(1), 30–34. https://doi.org/10.58355/psy.v1i1.1
Tim Dosen PAI UNY, Din Al-Islam Buku Pendidikan Agama Islam Untuk Perguruan Tinggi, 21
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra