Konsep Pluralisme Abdurrahman Wahid Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Islam

Authors

  • Ahmad Kurnia Mahasiswa PAI Universitas Wiralodra Indramayu
  • Affy Khoiriyah AMIK PURNAMA NIAGA Indramayu
  • Didik Himmawan Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra Indramayu

DOI:

https://doi.org/10.31943/pedagogia.v4i1.115

Keywords:

Pluralisme, Abdurrahman Wahid, Pendidikan Islam

Abstract

Penelitian ini berjudul konsep pluralisme Abdurrahman Wahid dan implikasinya terhadap pendidikan Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pluralisme Abdurrahman Wahid dan untuk mengetahui implikasi dari pluralisme terhadap pendidikan Islam. Metode penelitian yang digunakan yaitu library research atau penelitian perpustakaan, dimana untuk mencari data-data yang diperlukan dengan cara mencari dari berbagai sumber seperti buku, jurnal, skripsi terdahulu atau pustaka-pustaka lainnya. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa konsep pluralisme yang ditekankan Abdurrahman Wahid adalah pluralisme dalam bertindak dan berpikir. Pluralisme dalam bertindak mensyaratkan seseorang untuk tidak membatasi pergaulan dengan orang lain (eksklusif) meskipun berbeda keyakinan. Pluralisme dalam berpikir adalah kesediaan untuk menerima atau mengambil gagasan atau pemikiran dari kalangan lain. Implikasi dari adanya pluralisme terhadap pendidikan Islam yaitu pertama, pendidikan Islam yang Humanis dan egalitarian, kedua, menghargai perbedaan, ketiga, menghargai nilai-nilai demokrasidan hak asasi manusia.

References

Afifuddin, “Pluralisme Keagamaan pada Lembaga Pendidikan Islam Tradisional”, Jurnal, diakses pada 03 Maret 2023

Angraeni, D. ., Ibnudin, I., Rufaedah, E. A. ., & Himmawan, D. (2023). Bimbingan dan Konseling Menurut M. Quraish Shihab dalam Tafsir Al-Mishbah Qur’an Surat Al-Ashr Ayat 3. Counselia; Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, 4(1), 33–40. https://doi.org/10.31943/counselia.v4i1.33

Arif, “Integrasi konsep Pendidikan Islam Humanis dalam Sistem Pendidikan Nasional”, (Jurnal).

Basuni Akhmad, Aktualisasi Pemikiran Pluralisme KH. Abdurrahman Wahid, Yogyakarta: Deepublish, 2016

Damrizal, “Kebebasan Beragama Perspektif Abdurrahman Wahid”, Jurnal, Bengkulu: IAIN Bengkulu

Hafsah, Ibnu Rusydi, and Didik Himmawan. 2023. “Pendidikan Islam Di Indonesia (Problem Masa Kini Dan Perspektif Masa Depan)”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 9 (1):215-31. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i1.374.

Mudzhar Atho, Meretas Wawasan dan PraksisKerukunan Umat Beragama di Indonesia dalam Bingkai Masyarakat Multikultural, Jakarta: Puslitbang Kehidupan Beragama, 2005

Munawarah Jauharotul, “Konsep Pluralisme Agama dan Implikasinya dalam Pendidikan Islam Studi Analisis Pemikiran KH. Abdurrahman Wahid”, Skripsi, Semarang: IAIN Walisongo, 2012

Santoso Listiono, Teologi Politik Gus Dur, Yogyakarta: Ar-Ruzz, 2004

Saputro Adi Nugroho M, “Konsep Pluralisme Menurut KH. Abdurrahman Wahid dalam Pengembangan Nilai Pendidikan Karakter dan Urgensinya di Indonesia”, Skripsi, Yogyakarta: UII Yogyakarta, 2019

Syifa Nur Fadilah, and Didik Himmawan. 2023. “Desain Bimbingan Belajar Yang Efektif Untuk Kemandirian Belajar (Studi Di MTs An-Nur Kota Cirebon Dan SMP Muhammadiyah Cirebon)”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 9 (2):960-67. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i2.552.

Tamirih, T., Rusydi, R., Nurlaeliyah, N., & Himmawan, D. . (2023). Metode Pendidikan Anak Dalam Islam Menurut Abdullah Nashih ’Ulwan Dalam Kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam. Journal Islamic Pedagogia, 3(2), 196–204. https://doi.org/10.31943/pedagogia.v3i2.103

Wahid Abdurrahman dan Ikeda Daisaku, Dialog Peradaban: Untuk Toleransi dan Perdamaian, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Wahid Abdurrahman, Islamku, Islam Anda, Islam Kita: Agama Masyarakat Negara Demokrasi, Jakarta: The Wahid Institue, 2006

Zaini Nur, “Konsep Pendidikan Humanisme dalam Proses Belajar Mengajar”, Jurnal, Lamongan: STIT Al Fattah Lamongan, 2019

Zakaria, “Pemikiran Abdurrahman Wahid Tentang Pluralisme”, Skripsi, Makassar: UIN Alauddn Makassar, 2016

https://regional.kompas.com, “Pluralisme di Sekolah Negeri di Jogjakarta”, diakses pada 30 November 2022.

https://m.merdeka.com, diakses pada tanggal 13 Desember 2022.

https://eprints.ac.id, diakses pada tanggal 28 November 2022

https://kemenag.go.id, Menag: Perbedaan Agama atau Golongan Jangan timbulkan..., diakses pada tanggal 13 Mei 2023

https://megapolitan.kompas.com, Aksi Intoleran di Sekolah Jakarta..., diakses pada tanggal 11 Mei 2023

Downloads

Published

2024-03-15

How to Cite

Kurnia, A. ., Khoiriyah, A., & Himmawan, D. . (2024). Konsep Pluralisme Abdurrahman Wahid Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Islam. Journal Islamic Pedagogia, 4(1), 1–11. https://doi.org/10.31943/pedagogia.v4i1.115