Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Web (Google Sites) Di SMPN 1 Sindang Kelas VIII Semester Genap Tahun Akademik 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.31943/pedagogia.v4i1.114Keywords:
Media Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, WEB, Google SitesAbstract
Kemajauan zaman yang diikuti dengan perkembangan teknologi telah membuka segala aspek kehidupan manusia termasuk di dalam bidang pendidikan. Guru Pendidikan Agama Islam harus mampu menguasai teknologi dan mengembangkannya. Problematika yang dihadapi oleh guru Pendidikan Agama Islam adalah penggunaan media pembelajaran yang membosankan dan belum terampilnya guru Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan media. Berdasarkan permasalahan diatas, peneliti berusaha mengembangkan media pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis Website dengan menggunakan Google Sites. Sehingga rumusan masalah yang dikaji dalam penelitian ini yakni pertama, bagaimana tahapan pengembangan media pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis WEB (Google Sites) di SMPN 1 Sindang kelas VIII semester genap tahun akademik 2022/2023? Kedua, bagaimana respon/tanggapan siswa dalam pengembangan media pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis WEB (Google Sites) di SMPN 1 Sindang kelas VIII semester genap tahun akademik 2022/2023?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahapan dan respon/tanggapan siswa terkait pengembangan media pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis WEB (Google Sites). Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Adapun jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) atau R&D dengan pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi dan angket uji kelayakan dan respon siswa. Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa tahapan pengembangan media pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis WEB (Google Sites) menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) dengan hasil uji media dan materi dari tim penguji dinyatakan “Layak” dan hasil angket respon peserta didik yang menyatakan “Sangat Baik”.
References
Alfi Rahman Nasution. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Akhlak Mulia Peserta Didik Di SMP Negeri 2 Sibolangit. Manajia: Journal of Education and Management, 1(2), 77–86. https://doi.org/10.58355/manajia.v1i2.12
Azhar, A. 2013. Media Pembelajaran. Depok: Raja Grafindo Persada
Budi Harsanto. 2012. Panduan E-Learning Menggunakan Google Sites, Feb Unpad
Emi Ekasari, Sindi Sabrianti,dkk. 2018. Modul Media Pembelajaran Berbasis WEB. Kendari
Hannah, & Didik Himmawan. (2023). Upaya Meningkatkan Bacaan Al-Qur’an Dengan Pembelajaran Ilmu Tajwid Terhadap Anak-Anak Di Desa Pranggong Kecamatan Arahan Kabupaten Indramayu. Quality : Journal Of Education, Arabic And Islamic Studies, 1(1), 15–22. https://doi.org/10.58355/qwt.v1i1.10
Indah Komsiyah. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Teras
Meuthia Putri. (2023). Perkembangan Pendidikan Agama Islam Bagi Muslim Minoritas Di SMP Negeri 2 Sibolangit. Manajia: Journal of Education and Management, 1(2), 107–117. https://doi.org/10.58355/manajia.v1i2.15
Mohammad Khalid Prabowo. (2023). Pengembangan Smart Village Desa Jatibarang Berbasis Aplikasi Digital Untuk Layanan Masyarakat Yang Optimal . Diplomasi : Jurnal Demokrasi, Pemerintahan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 11–25. https://doi.org/10.58355/dpl.v1i1.5
Nunik, & Didik Himmawan. (2023). Bimbingan Menulis Kaligrafi Dan Menghafal Al-Quran Bagi Anak-Anak Desa Jayawinangun Kecamatan Kedokan Bunder Kabupaten Indramayu. Journal Of Psychology, Counseling And Education, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.58355/psy.v1i1.3
Ramadhan Anggit Sastrawan. 2021. “Pengembangan Media Pembelajaran Dengan Aplikasi Google Sites Berbasis Ensiklopedia Materi Teks Eksplanasi Kelas VIII SMP” , Jurnal UAD, Vol.3 No. 1
Sugiyono. 2021. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra