Strategi Pembinaan Kedisiplinan Siswa Dalam Melaksanakan Shalat Dzuhur Berjamaah Di SMPN 2 Bongas

Authors

  • Darojatul Maula Mahasiswa PAI Universitas Wiralodra Indramayu
  • Kambali Kambali Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra Indramayu
  • Nurlaleliyah Nurlaleliyah Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra Indramayu

DOI:

https://doi.org/10.31943/pedagogia.v4i1.112

Keywords:

Pembinaan Kedisiplinan, Shalat Berjama’ah, SMPN 2 Bongas

Abstract

Shalat berjamaah adalah salah satu diantara sebab yang menjadikan seseorang melakukan shalat pada awal waktunya atau minimal tepat pada waktunya. Dan ini adalah termasuk amalan yang paling utama di sisi Allah Azza wa Jalla. Shalat berjamaah juga menjadi salah satu penyebab bagi kesempurnaan dan kelengkapan shalat. SMPN 2 Bongas merupakan sekolah yang bukan berbasis Islam namun memiliki program pembinaan keagamaan seperti program pembinaan kedisiplinan dalam shalat dzuhur berjamaah. Dengan adanya kegiatan shalat dzuhur berjama’ah tersebut diharapkan dapat meningkatkan kedisiplinan siswa dalam melaksanakan shalat berjama’ah ketika di luar sekolah. Seringkali siswa meninggalkan shalat karena tidak terbiasa dari kecil atau kurangnya pengajaran dari orang tua, seperti kurang perhatian, nasihat, bimbingan dan pembiasaan shalat, baik itu manfaat, pahala dan dosa yang akan diterimanya. Sehingga ketika siswa merasa malas akan dengan mudah meninggalkan shalat. Di zaman yang semakin canggih ini maka nilai-nilai keagamaan dari anak-anak itu sendiri semakin merosot dan terlena untuk tidak mengikuti kegiatan shalat berjamaah yang dilaksanakan di SMPN 2 Bongas setiap dzuhurnya.

References

Depag RI, Al- Qur’an dan Terjemahnya, Semarang: PT. Karya Thoha Putra surat an - Ankabuut ayat 45.

Didik Himmawan, & Dewi Fitriani. (2023). Learning To Read And Write The Koran For Children In Sukasari Village, Arahan District, Indramayu Regency. Manajia: Journal of Education and Management, 1(2), 128–133. https://doi.org/10.58355/manajia.v1i2.17

Didik Himmawan, Syaefulloh, Sofyan Sauri, & Azi Khoirurrahman. (2023). PERAN TENAGA PENDIDIK DALAM TRANSFORMASI PENDIDIKAN MENUJU GENERASI EMAS INDONESIA. Manajia: Journal of Education and Management, 1(1), 20–30. https://doi.org/10.58355/manajia.v1i1.3

Hannah, & Didik Himmawan. (2023). Upaya Meningkatkan Bacaan Al-Qur’an Dengan Pembelajaran Ilmu Tajwid Terhadap Anak-Anak Di Desa Pranggong Kecamatan Arahan Kabupaten Indramayu. Quality : Journal Of Education, Arabic And Islamic Studies, 1(1), 15–22. https://doi.org/10.58355/qwt.v1i1.10

Hasil wawancara guru pendidikan agama islam, Ibu Yuyun Purwaningsih pada 15 Maret 2023 pukul 07.48 WIB di SMP Negeri 2 Bongas.

Ibnu Rusydi, & Fitria Amalin Christia ‘Nisa. (2023). Implementasi Mengaji Al-Qur’an Dengan Tajwid Dan Makhorijul Huruf Bagi Anak–Anak Desa Kedokanbunder Wetan Kecamatan Kedokan Bunder Kabupaten Indramayu. Journal Of Psychology, Counseling And Education, 1(1), 7–13. https://doi.org/10.58355/psy.v1i1.4

Kaelny. 2009. Islam Iman dan Amal Shaleh, Jakarta: Rineka Cipta

Khafiyah Muslihatun Nisa, Akhmad Mujani, & Abdul Aziz Romdhoni. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Meningkatkan Pemahaman Baca Al Quran Di Desa Gunungsari Kecamatan Sukagumiwang Kabupaten Indramayu. Diplomasi : Jurnal Demokrasi, Pemerintahan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 53–59. https://doi.org/10.58355/dpl.v1i1.11

Maksum, M., Himmawan, D. ., & Rufaedah, E. A. . (2023). Fitrah Manusia Dalam Konsep Bimbingan Konseling Islam Menurut Anwar Sutoyo. Counselia; Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, 4(2), 61–67. https://doi.org/10.31943/counselia.v4i2.71

Mohammad Khalid Prabowo. (2023). Pengembangan Smart Village Desa Jatibarang Berbasis Aplikasi Digital Untuk Layanan Masyarakat Yang Optimal . Diplomasi : Jurnal Demokrasi, Pemerintahan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 11–25. https://doi.org/10.58355/dpl.v1i1.5

Nasution. 2009. Metode Research (Penelitian Ilmiah), Jakarta: Bumi Aksara

Nova Ardiana, & Didik Himmawan. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Media Smart Spinner Di SDN 1 Kedokanbunder. Quality : Journal Of Education, Arabic And Islamic Studies, 1(1), 8–14. https://doi.org/10.58355/qwt.v1i1.11

Sugiyono. 2021. Metode Penelitian Kuantatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Penerbit Alfabeta

Wahyu Rifa’i, Didik Himmawan, & Ibnudin. (2023). Implementasi Pembelajaran Menggunakan Metode Bermain Bagi Anak-Anak Desa Tenajar Kidul Kecamatan Kertasemaya Kabupaten Indramayu. Journal Of Psychology, Counseling And Education, 1(1), 35–40. https://doi.org/10.58355/psy.v1i1.9

Wildan Saleh Siregar. (2023). Pembentukan Karakter Siswa Melalui Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 2 Sibolangit. Manajia: Journal of Education and Management, 1(2), 87–94. https://doi.org/10.58355/manajia.v1i2.13

Downloads

Published

2024-03-31

How to Cite

Maula, D. ., Kambali, K., & Nurlaleliyah, N. (2024). Strategi Pembinaan Kedisiplinan Siswa Dalam Melaksanakan Shalat Dzuhur Berjamaah Di SMPN 2 Bongas. Journal Islamic Pedagogia, 4(1), 123–130. https://doi.org/10.31943/pedagogia.v4i1.112