Peran Guru Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq Dalam Membentuk Akhlaqul Karimah Pada Siswa Di MTs N 12 Indramayu

Authors

  • Muhammad Chaidir PAI Universitas Wiralodra Indramayu
  • Ahmad Dasuki Aly Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra Indramayu
  • Kurnaengsih Kurnaengsih Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra Indramayu

DOI:

https://doi.org/10.31943/pedagogia.v4i1.110

Keywords:

Peran Guru, Aqidah Akhlaq, Akhlaqul Karimah

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran guru akidah Akhlak dalam membentuk akhlakul karimah pada siswa di MTs N 12 Indramayu dan usaha- usaha guru akidah akhlak dalam membentuk karakter Berakhlakul karimah pada siswa di MTs N 12 Indramayu. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian Kualitatif.  Penelitian kualitatif merupakan suatu strategi inquiry yang menekankan pencarian makna pengertian, konsep, karakteristik, gejala, simbol, maupun deskripsi tentang suatu fenomena, fokus dan multimode, bersifat alami dan holistik, mengutamakan   kualitas, menggunakan beberapa cara, serta disajikan secara negatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk keabsahan data menggunakan teknik Trianggulasi yaitu membandingkan dengan semua data berbeda yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran guru akidah akhlak dalam membentuk karakter Akhlakul karimah pada siswa di MTs N 12 Indramayu, terutama nilai kedisiplinan dan tanggung jawab telah mengalami peningkatan walau masih ada beberapa siswa yang masih belum berubah. Usaha-usaha guru akidah akhlak dalam membentuk karakter berakhlakul karimah pada siswa sudah maksimal walau ada beberapa siswa yang masih perlu diarahkan lagi. Peran guru akidah akhlak sangat penting dalam membentuk  jiwa yang berakhlakul karimah pada siswa.

References

Al-qur’an dan Terjemahan, Depertemen Agama Islam Republik Indonesia, Diponogoro 2015

Aedi, Nur Manajemen Pendidikan & Tenaga Pendidikan Yogyakarta: (KDT), 2016. AkmalHawi, Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam. (Jakarta: PT Raja GrafindoPersada, 2014).

Al-qur‟an dan Terjemahan, Depertemen Agama Islam Republik Indonesia, Diponogoro 2015 Azizah, Tsalis Nurul.”Pembentukkan Karakter Religius Berbasis Pembiasaan dan Keteladanan Di SMA Sains Al-Qur’an Wahid Hasyim Yogyakarta” Skripsi S1 Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta,2017).

Basrowi dan Suwandi, Memahami Penelitian Kualitatif. (Jakarta:Rineka Cipta, 2009).

Departemen Agama RI, Al- Qur‟an dan Terjemahnya 30 jus, solo:Qomari,2007.

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia,(Jakarta:Pusat Bahasa:2008).

Himmawan, D. ., Maulidiyah, D. ., Nurlaeliyah, N., & Umam, A. K. . (2023). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Mengatasi Perilaku Membolos Pada Siswa SMP (Studi Pada Salah Satu Sekolah SMP Di Indramayu). Counselia; Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, 4(2), 116–124. https://doi.org/10.31943/counselia.v4i2.63

http://kita-klikyaoke.blogspot.com/2014/07/pengertian-dan-ruang-lingkup-aqidah- dan.html, diakses pada tanggal 11 Des 2019 03:57:55 GMT

Jaipaul L.Roopnarine, Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Berbagai Pendekatan. (Jakarta:Kencana, 2011).

Khalimi, Pembelajaran Akidah dan Akhlak, (Jakarta:Departemen Agama Republik Indonesia, 2009).

Marzuki, PendidikanKarakter Islam, (Jakarta AMZAH,2015).

Moleng, Lexy J.Metode Peneiitian Kualitatif. (Bandung:Remaja Rosdakarya,2004). Mujtahid, PengembanganProfesi Guru, (Malang:UIN Maliki Press 2011).

Muhamad Farhan, & Ibnu Rusydi. (2023). Pemberdayaan Anak-Anak Dan Santri Di Desa Tulungagung Kecamatan Kertasemaya Kabupaten Indramayu. Quality : Journal Of Education, Arabic And Islamic Studies, 1(1), 34–39. https://doi.org/10.58355/qwt.v1i1.13

Muhammad Ikhsanul Khoir. (2023). Strategi Guru Dalam Pembinaan Akhlak Peserta Didik di SMP Negeri 2 Sibolangit. Manajia: Journal of Education and Management, 1(2), 65–76. https://doi.org/10.58355/manajia.v1i2.11

Muslich.Sertifikasi Guru Menuju Profesionalisme Pendidikan,(Jakarta:Bumi Aksara, 2009).

Narbuko, Cholid., dan Abu Ahmadi.Metodologi Penelitian (Jakarta:bumi aksara,2013).

Nasharuddin, Akhlak (Ciri Manusia Paripurna). (JakartaPT.RajaGrafindoPersada 2015).

Nunik, & Didik Himmawan. (2023). Bimbingan Menulis Kaligrafi Dan Menghafal Al-Quran Bagi Anak-Anak Desa Jayawinangun Kecamatan Kedokan Bunder Kabupaten Indramayu. Journal Of Psychology, Counseling And Education, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.58355/psy.v1i1.3

Nurmajidah, ” Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Meningkatkan Akhlakul Karimah Siswa Di MTS Ar Ridho Tanjung Mulia” Skripsi S1 Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, 2017.

Prasetya, Budi Alfian, “Penerapan Pendidikan Karakter Nilai Disiplin Dan Nilai Tanggung Jawab Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) Di Kelas 1 dan IV SD Negeri Percobaan 3” Skipsi S1 Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta, 2014.

Ramayulis, Dasar-dasar Kependidikan Suatu Pengantar Ilmu Pendidikan, (Jakarta:Kalam Mulia, 2015).

Sahlan, Asmaun., ,Religius Perguruan Tinggi Potret Pengembangan Tradisi Keagaman di Perguruan Tinngi Islam,h. 60-62

Sudarman, Momon, Profesi Guru Dipuji, Dikrititisi Dan Dicaci (jakarta: pt raja grafindo persada, 2013).

Sudarwandanim, .Profesikependidikan, (Bandung, Alfabeta).

Sugiyono, MetodePenelitianPendidikanPendekatan (Kuanlitatif, Kualitatif, dan Rdan D). (Bandung, ALFABETA, 2010).

Syafri, Ulil Amri,Pendidikan Karakter Berbasis AL-QUR’AN (Jakarta:Rajawali Pers,2012).

Syamsul, Kurniawan.Pendidikan Karakter konsepsi dan implementasi secara terpadu di lingkungan keluarga, sekolah, perguruan tinggi, dan masyarakat (Yogyakarta AR RUZZ MEDIA 2016).

Yaumi, Muhammad Pendidikan Karakter Landasan, Pilar & Implementasi (Jakarta: Kencana, 2016).

YunaharIiyas, KuliahAqidah Islam, (Yogyakarta:LPPI, 2013)

Yusuf, Syamsu., dan Sugandhi, Nani M. Perkembangan Peserta Didik.( Jakarta: Rajawali Pers:2011).

Zubaedi, M.Ag., M.Pd, Strategi Taktis Pendidikan Karakter (Untuk Paud dan Sekolah)

Depok: Rajawali Pres, 2017.

Zuhairini, dkk, Filsafat Pendidikan Islam, ( Jakarta:Bumi Aksara:2005).

Zuriah, Nurul, Metode penelitian sosial dan pendidikan Teori-Aplikasi, Jakarta:Bumi Aksara,2000.

Downloads

Published

2024-03-30

How to Cite

Chaidir, M. ., Aly, A. D. ., & Kurnaengsih, K. (2024). Peran Guru Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq Dalam Membentuk Akhlaqul Karimah Pada Siswa Di MTs N 12 Indramayu. Journal Islamic Pedagogia, 4(1), 40–51. https://doi.org/10.31943/pedagogia.v4i1.110