Konsep Pendidikan Akhlak Dalam Menuntut Ilmu Menurut Syaikh Muhammad Syakir

Authors

  • Carsinih Carsinih Mahasiswa PAI Universitas Wiralodra Indramayu
  • Kurnaengsih Kurnaengsih Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra Indramayu
  • Abdul Aziz Romdhoni Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra Indramayu

DOI:

https://doi.org/10.31943/pedagogia.v4i1.107

Keywords:

Kitab Washoya, Menuntut Ilmu, Pendidikan Akhlak

Abstract

Pendidikan akhlak merupakan suatu sendi keutamaan tingkah laku dan naluri yang berguna untuk menyongsong kehidupan yang lebih baik. Melihat fenomena generasi muda sekarang, tidak sedikit dari mereka yang belum mengetahui tentang bagaimana cara menuntut ilmu yang baik agar ilmu yang kita peroleh dapat bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain. Sehingga diperlukan adanya konsep pendidikan akhlak dalam menuntut ilmu. Penelitian ini dibuat untuk mengetahui pendidikan akhlak dalam Islam dan untuk mengetahui konsep pendidikan akhlak dalam menuntut ilmu menurut Syaikh  Muhammad Syakir. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pustaka (Library research), yaitu penelitian yang dilakukan dengan melakukan mengumpulkan data dari berbagai literatur dalam perpustakaan dan lainnya. Kesimpulannya adalah bahwa konsep pendidikan akhlak dalam menuntut ilmu menurut Syaikh Muhammad Syakir yaitu: Niat belajar, Membuat catatan, Menghormati guru, Memuliakan ilmu, Mengatur waktu belajar, Muroja’ah (mengulang kembali materi), Sopan santun, Menghargai teman, Memperhatikan guru, Bersikap tawadhu’ (rendah hati), dan Perbanyak doa kepada Allah SWT.

References

Aliy As’ad, Terjemah Ta’limul Muta’allim, (Kudus: Menara Kudus, 2007)

Aminuddin dkk, Pendidikan Agama Islam, (Bogor: Ghalia Indonesia, 2005)

Aryeni Ika Febriyana, Hajar Sailirrohmah, Hanifia Rahma Praditasari, & Nurul Latifatul Inayati. (2024). Evaluation of PAI Learning Based on Character Education at SMA Al Islam 1 Surakarta. Manajia: Journal of Education and Management, 2(1), 9–18. https://doi.org/10.58355/manajia.v2i1.34

Didik Himmawan, & Lisnawati. (2023). Bimbingan Tahsin Dan Tahfidz Al-Quran Untuk Anak-Anak Di Desa Cadangpinggan Kecamatan Sukagumiwang Kabupaten Indramayu. Journal Of Psychology, Counseling And Education, 1(1), 14–21. https://doi.org/10.58355/psy.v1i1.5

Hannah, & Didik Himmawan. (2023). Upaya Meningkatkan Bacaan Al-Qur’an Dengan Pembelajaran Ilmu Tajwid Terhadap Anak-Anak Di Desa Pranggong Kecamatan Arahan Kabupaten Indramayu. Quality : Journal Of Education, Arabic And Islamic Studies, 1(1), 15–22. https://doi.org/10.58355/qwt.v1i1.10

M. Quraish Shihab, Wawasan Al-Qur’an Tafsir Tematik Atas Pelbagai Persoalan Umat, (Bandung: PT Mizan Pustaka, 2007)

Mahmud, Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung: Cv Pustaka Setia, 2011)

Maksum, M., Himmawan, D. ., & Rufaedah, E. A. . (2023). Fitrah Manusia Dalam Konsep Bimbingan Konseling Islam Menurut Anwar Sutoyo. Counselia; Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, 4(2), 61–67. https://doi.org/10.31943/counselia.v4i2.71

Martin Van Bruinessen. Kitab Kuning, Pesantren dan Tarekat: Tradisi-Tradisi Islam di Indonesi. (Bandung: Mizan, 1995)

Marzuki, Prinsip Dasar Akhlak Mulia, (Yogyakarta: Debut Wahana Press, 2009)

Nur Ajijah Rajak, Akhmad Mujani, & Abdul Aziz Romdhoni. (2023). Implementation of Islamic Religious Education (PAI) Learning at SDN Cadangpinggan 3 Sukagumiwang District, Indramayu Regency. Quality : Journal Of Education, Arabic And Islamic Studies, 1(2), 46–51. https://doi.org/10.58355/qwt.v1i2.19

Ramadhan, S. ., Himmawan, D. ., & Rusydi, I. . (2023). Konsep Etika Belajar Menurut Syeikh Az-Zarnuji (Studi Analisis Kitab Ta’lim Muta’allim). Journal Islamic Pedagogia, 3(2), 107–114. https://doi.org/10.31943/pedagogia.v3i2.92

Soejono dan Abdurrahman, Metode Penelitian Suatu pemikiran dan Penerapan, (Jakarta: Rineka Cipta, 1999)

Sugiyono, Metodologi Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D), (Bandung: Alfabeta, 2014)

Syafaruddin, Nurgaya Pasha dan Mahariah. Ilmu Pendidikan Islam Melejitkan Budaya Ummat. (Jakarta: Hijri Pustaka Utama, 2017)

Tamirih, T., Rusydi, R., Nurlaeliyah, N., & Himmawan, D. . (2023). Metode Pendidikan Anak Dalam Islam Menurut Abdullah Nashih ’Ulwan Dalam Kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam. Journal Islamic Pedagogia, 3(2), 196–204. https://doi.org/10.31943/pedagogia.v3i2.103

Terjemah Kitab Washaya Karya Syaikh Muhammad Syakir, (Surabaya: Al-Hidayah), 39.

Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, (Jakarta: Prenada Media Grup, 2006)

Yatimin Abdullah. Studi Akhlak dalam Perspektif Alquran. (Jakarta: Amzah, 2007)

Zainal Aqib dan Ali Murtadlo, A-Z Ensiklopedia Metode Pembelajaran Inovatif, (Yogyakarta: Pustaka Reverensi, 2022)

Downloads

Published

2024-03-15

How to Cite

Carsinih, C., Kurnaengsih, K., & Romdhoni, A. A. . (2024). Konsep Pendidikan Akhlak Dalam Menuntut Ilmu Menurut Syaikh Muhammad Syakir. Journal Islamic Pedagogia, 4(1), 12–19. https://doi.org/10.31943/pedagogia.v4i1.107