Metode Pendidikan Anak Dalam Islam Menurut Abdullah Nashih ’Ulwan Dalam Kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam
DOI:
https://doi.org/10.31943/pedagogia.v3i2.103Keywords:
Metode Pendidikan, Anak, Abdullah Nashih ‘Ulwan, Kitab Tarbiyatul Aulad fil IslamAbstract
Seorang anak adalah amanah bagi kedua orang tuanya, kalbunya yang masih suci bagaikan permata yang begitu polos, bebas dari segala macam pahatan dan gambaran, siap untuk menerima setiap pahatan apapun, selalu cenderung pada kebiasaan yang diberikan kepadanya. Penyusunan skripsi ini dibuat untuk mengetahui bagaimana metode pendidikan anak dalam Islam menurut Abdullah Nashih ‘Ulwan dalam Kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam serta mengetahui bagaimana proses perkembangan pendidikan anak dalam Islam yang terjadi dilingkungan masyarakat dalam Kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam.Adapun jenis metode penelitian ini ialah penelitian pustaka (library research), yaitu mengadakan studi secara teliti literatur-literatur yang berkaitan pokok permasalahan yang dalam hal ini adalah media pembelajaran metode pendidikan anak. Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa metode pendidikan anak dalam Islam menurut Abdullah Nashih ‘Ulwan dalam Kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam memaparkan beberapa metode dalam kitabnya: mendidik dengan Keteladanan, mendidik dengan kebiasaan, mendidik dengan nasihat, mendidik dengan perhatian, mendidik dengan hukuman.
References
Ahmad Izzan dan Saehuddin. 2012. “Tafsir Pendidikan”. Tanggerang: Suhuf Media Insani
Ahmad Zaini. 2015. “Metode-metode Pendidikan Anak dalam Islam bagi Anak”. dalam Thutfula, Kudus: STAIN Kudus,. Vol. 3 No. 2
Baharudin, et.al., 2007. “Teori Belajar dan Pembelajaran”. Yogyakarta : Ar-Ruzz
Burhan Bungin. 2003 “Metode Penelitian Kualitatif”. Jakarta: Raja Grafindo Persada,
Departemen Agama RI, 2014. “Al-Qur‟an dan Terjemahnya”. Bandung : Diponegoro.
Didin Jamaluddin. 2013 Paradigma Anak dalam Islam. Bandung: CV Pustaka Setia,
Fadriati. 2012 “Prinsip-prinsip Metode Islam dalam Al-Qur’an” dalam Ta’dib. Sumatra Barat: Tarbiyah STAIN Batusangkar No 1/Juni.
Fatmela, Cut Reva. Israwati, Rahmi, Rosmiati. 2021. “Analisis Metode Pendidikan Anak Menurut Abdullah Nashih ‘Ulwan Dalam Kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam”. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini (JIM PAUD). Aceh : Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh.
Habibi, Muazar. 2020. “Konsep Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Psikologi Islam”. Yogyakarta : Deepublish.
Hadari Nawawi. 2000. Pendidikan dalam Islam. Surabaya: Al-Ikhlas,
Hawi, Akmal. 2014.”Seluk Beluk Ilmu Jiwa Agama”. Jakarta: Rajawali Pers.
Iqbal Abu Muhammad, 2015. “Pemikiran Pendidikan Islam”. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Isjoni, 2010. “Model Pembelajaran Anak Usia Dini”. Bandung: Alfabeta,
Jalaluddin. 2003 Teologi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada,
Kartanegara Mulyadhi, 2003. “Pemikiran Islam Kontemporer”. Yogyakarta: Jendela,
Lehrer F. Rene Van De Carr & Marc, 1999. Cara Baru Mendidik Anak Sejak Dalam Kandungan. Bandung: Penerbit Kaifa.
Lely Mawaddah. 2010.”Metode Pendidikan Islam Bagi Anak (Analisis Pemikiran Abdurrahman An-Nahlawi”. Semarang: UIN Walisongo Semarang, Skripsi Dipublikasikan.
Mahmud, 2011. “Metode Penelitian Pendidikan”. Bandung: CV Pustaka Setia.
Mahrus Syamsul Kurniawan & Erwin, 2013. “Jejak Pemikiran Tokoh Pendidikan Islam”. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media. Menggunakan Augmented Reality, Journal Iptek, Vol. 20, No. 1.
Moleong Lexy J., 2010. “Metodologi Penelitian Kualitatif”. Bandung: PT Remaja
Nata Abuddin, 2000. “Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam”. Jakarta: PT Raja
Nazir Moh., 2011. “Metode Penelitian”. Bogor: Ghalia Indonesia.
Niralilla, Bunda. 2021. “The Art Of Islamic Parenting : Seni Mendidik Anak Sesuai Prinsip Nabi”. Depok : Sahima Plus.
Nugraha, 2005, Pengembangan Pembelajaran Sains Anak Usia Dini. Jakarta: Rosdakarya.
Nurul Farida, 2018. “Metode Pendidikan Anak Dalam Islam Perspektif Al-Quran.
Metro : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro. Skripsi Dipublikasikan.
Patmonodewo Soemiarti, 2000. “Pendidikan Anak Prasekolah”. Jakarta: PT Renika Cipta.
Quraish Shihab., 2008. “Lentera Al-Qur’an; Kisah dan Hikmah Kehidupan. Bandung: Mizan.
Quraish Sihab,1998, Wawasan Al-Qur’an, Tafsir Maudlu’l Atas Berbagai Persoalan Umat, Bandung: Mizan.
Rahmadini, 2021. “Konsep Nashih Ulwan Tentang Pendidikan Anak (Studi Literatur)”. Banda Aceh : Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam. Skripsi Dipublikasikan.
Ramayulis., 1998. “Ilmu Pendidikan Islam”. Jakarta: Radar Jaya Offset.
Rasyid Ridho, dkk, 2015, Pengelolaan Dan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Di KB “CERDAS”
Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal, Ristianah, Niken. 2017. “Tarbiyah Al-Aulad Fi Al-Islam Perspektif Abdullah Nashih Ulwan”. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam.
Riyanto, Sugeng. 2011.”Pemikiran Pendidikan Nilai Abdullah Nashih Ulwan” Dalam Kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam. Skripsi thesis, Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Saleh, Syarbaini. Saragih, Sokon. Aisyah, Nur. 2018. “Metode Pendidikan Anak Dalam Islam Menurut Abdullah Nashih Ulwan Dalam Kitab Tarbiyatul Awlad Fil Islam”. Jakarta : Takziya.
Siti Alfiah, 2020. “Studi Komparasi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Dalam Perspektif Al-Ghazali Dan Abdullah Nashih Ulwan”. Ponorogo : Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Skripsi Dipublikasikan.
Sugiono. 2008. “Metodologi Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D)”. Bandung : Alfabeta.
Syahrul Ramadhan, Didik Himmawan, & Ibnu Rusydi. (2023). Konsep Etika Belajar Menurut Syeikh Az-Zarnuji (Studi Analisis Kitab Ta’lim Muta’allim). Journal Islamic Pedagogia, 3(2), 107–114. https://doi.org/10.31943/pedagogia.v3i2.92
Talizaro Tafonao, 2018, Peran Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa, Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol. 2, No. 2.
Ulwan Abdullah Nashih, 2007. Pendidikan Anak dalam Islam, terj. Jamaluddin Miri Lc Jakarta: Pustaka Amani, Vol 1.
Ulwan Abdullah Nashih, 2007. Pendidikan Anak dalam Islam, terj. Jamaluddin Miri Lc Jakarta: Pustaka Amani, Voll 2.
Ulwan, Abdullah Nashih. 2017. “Pendidikan Anak dalam Islam”. Jawa Tengah: Insan Kamil Solo.
Wulandari, dkk, 2014, Dapatkah Media Realia Alam Sekitar Mempengaruhi Kemampuan Berfikir Ilmiah?, FKIP Universitas Lampung, Artikel Ilmiah.
Yaswinda, 2019, Model Pembelajaran Sains berbasis Montesori-Ekologi ( PSB MUGI) Bagi Anak Usia Dini, Jawa Barat: Edu Publisher.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra